Dampak Buruk Jika Mobil Tidak Langsung Dibilas Usai Kena Air Hujan

Mobil air hujan

Awal tahun 2021 cuaca masih tak menentu. Hujan yang mendadak turun setelah cuaca terik kerap ditemui. Perawatan kendaraan juga perlu lebih ekstra diperhatikan dibanding musim panas atau kemarau karena air hujan menyimpan kandungan tidak kasat mata yang berisiko menimbulkan masalah pada mobil. Jangan sampai air hujan yang sudah tercampur polusi dibiarkan mengering dengan sendirinya. Terlebih setelah mobil terkena air hujan tiba-tiba cuaca panas hadir kembali. Timbulnya jamur dan karat pada bodi mobil bisa menjadi lebih cepat. Maka ketika menerobos air hujan, mobil harus segera dilap dan dibilas dengan air bersih.

Baca Juga : Asiknya Menelurusi Gua Sunyaragi Cirebon

Tau gak sih ternyata cara pengelapan bodi mobil juga harus diperhatikan. Sebab hal itu tanpa disadari juga akan menyebabkan kualitas cat yang menempel berpotensi menurun. Lap yang sudah digunakan untuk bodi mobil jangan lagi gunakan untuk mengelap bagian mobil lain yang terkena hujan.

Jika menggunakan lap yang sama risiko bodi atau kaca mobil tergores dengan partikel-partikel kecil yang terbawa saat mengelap bagian yang lain menjadi lebih besar. Hal inilah mengapa bila mobil dilap dengan keadaan basah sering kali meninggalkan goresan tipis.

Agar mobil selalu tampil kinclong dan enak dilihat pada saat mencuci mobil, lakukan pada tempat yang tidak terkena matahari langsung untuk mencegah air mengering sendiri. Setelah membilas, langsung keringkan permukaan bodi mobil yang basah.

Tips Mencuci Mobil Setelah Diguyur Hujan Agar Tidak Baret

1. Langsung Bilas Mobil Dengan Air Bersih Setelah Kena Air Hujan

mobil

Tips pertama adalah membilas mobil dengan air bersih setelah terguyur hujan. Karena jika air hujan didiamkan mengering, pasti akan timbul bercak pada cat mobilmu. Tak hanya itu, bercak atau jamur pada mobil kamu secara cepat atau lambat pasti akan muncul.

2. Jangan Langsung Mengelap Mobil Setelah Terkena Air Hujan

lap mobil

Jika mobil Anda habis terkena air hujan, jangan langsung dilap dengan kanebo karena air hujan tersebut pastinya tercampur dengan debu-debu yang menempel pada mobil kita, bahkan biasanya terdapat batu kecil atau pasir yang bisa mengakibatkan mobil kita menjadi baret jika kita tidak membilasnya terlebih dahulu.

3. Jangan Biarkan Lantai Mobil Lembab Atau Basah

Kabin-Mobil

Bagian dalam juga harus perlu diperhatikan, apalagi di saat musim hujan seperti ini. Banyak yang biasanya setelah terkena hujan langsung masuk ke mobil dengan bagian sepatu atau alas kaki kita yang basah. Nah, mulai sekarang jangan lakukan hal tersebut, karena jika dibiasakan seperti itu, mobil Anda akan menjadi lembab bahkan bau tak sedap akan muncul. Jadi, sebaiknya alaskan dulu karpet dari karet atau bahan lainnya yang bisa meresap air dari alas kakimu, agar karpet mobil kamu tidak basah dan tidak menjadi lembab.

4. Bersihkan Karet Wiper Ketika Sedang Mencuci Mobil

wiper mobil

Ketika musim hujan tiba, pastinya penggunaan wiper pada mobil kamu akan lebih sering digunakan dan menjadi peran penting ketika musim hujan seperti ini. Dengan begitu, jangan lupa bersihkan karet wiper mobil kamu ketika sedang mencuci mobilmu.

Jika kamu biarkan mengering dengan sendirinya atau bahkan tidak kamu bersihkan, maka umur dari karet wiper mobil kamu tidak akan lama alias akan cepat keras atau getas. Pastinya jika sudah getas, maka fungsi dari wiper mobil kamu dijamin tidak akan berfungsi optimal dan bisa saja membahayakan pengendaranya.

Baca Juga : Sewa Mobil Lombok Murah

5. Masukkan Mobil Ke Dalam Garasi Rumah

garasi mobil - air hujan

Masukkan mobil ke dalam garasi rumah agar mobil tetap terlindungi dari cahaya matahari dan tidak akan kotor lagi jika hujan kembali datang. Jika dibiarkan dijemur di luar lalu dibiarkan terkena hujan secara terus menerus, kualitas mobil Anda akan cepat berkurang.

Untuk meminimalisir kerusakan bodi mobil dan kabin Anda  bisa jalankan semua tips-tips ini dan selalu rajin melakukan perawatan mobil ya guys!

Informasi :

Call : (0231) 830 3653

WhatsApp : 0823 1668 6668

Email : sewamobilcirebon@gmail.com

Follow US 

Leave a Reply