Melakukan Perjalanan Dengan Tetap Disiplin Terapkan Protokol Kesehatan!

perjalanan dengan protokol kesehatan

Masa pandemi Covid-19 belum juga berakhir sampai saat ini, Idul Fitri 2021 pun masih dalam situasi pandemi Covid -19. Aktivitas pun sedikit demi sedikit mengalami perubahan, salah satunya adalah dari cara bepergian. Era pandemi ini mengubah pola hidup manusia menjadi lebih aware lagi terhadap kesehatan. Yang tadinya berpergian tidak memakai masker saat ini masker menjadi kewajiban yang harus selalu digunakan saat diluar rumah. Tidak hanya itu saja banyak beberapa hal yang menjadi kebiasaan kita saat berpergian harus dengan menerapkan protokol kesehatan. Sama halnya dengan melakukan perjalanan darat, laut, maupun udara pastinya tharus tetap dispilin terapkan protokol kesehatan.

Berpergian di era pandemi ini entah untuk perjalanan bisnis, perjalanan personal, wisata, ataupun aktivitas lainnya satu hal yang dibutuhkan oleh wisatawan untuk menunjang aktivitas wisata adalah transportasi. Namun, saat ini orang masih khawatir untuk naik transportasi umum, seperti kereta api, pesawat, atau kapal. Transportasi mobil saat ini masih relatif lebih aman dari pada transportasi publik. Lalu, bagaimana memilih transportasi yang aman saat pandemi? Berikut tips memilih moda transportasi untuk melakukan perjalanan di masa pandemi:

Baca Juga : Rekomendasi Hotel Unik Kuningan Jawa Barat

1. Pilih Transportasi Umum yang Terapkan Protokol Kesehatan Ketat

protokol kesehatan

Anda bisa saja naik transportasi umum, namun sebenarnya resikonya lebih besar karena bertemu dengan orang banyak. Solusinya bagi Anda yang ingin tetap menggunakan transportasi umum pilihlah moda transportasi umum yang sudah menerapkan protokol kesehatan secara ketat dengan penggunaan alat pelindung diri (APD) seperti masker, face shield, dan penerapan social distancing.

2. Naik Mobil Pribadi

Naik Mobil Pribadi - protokol kesehatan

Di masa pandemi saat ini mobil pribadi dianggap jauh lebih aman dari pada moda transportasi umum lainnya. Kalau memang Anda memiliki mobil pribadi silahkan gunakan mobil pribadi karena jauh lebih aman dan nyaman. Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa orang yang berada di dalam mobil adalah keluarga satu rumahmu.

3. Sewa Mobil

Sewa Mobil - protokol kesehatan

Tenang saja bagi Anda yang tidak memiliki mobil masih bisa liburan kok. Saat ini banyak jasa sewa mobil yang menjadi pilihan orang untuk menunjang segala mobilisasi seperti perjalanan bisnis, perjalanan personal, mau pun untuk berwisata. Dan untuk harga sewa mobil sendiri berbeda-beda tergantung periode waktu penyewaan. Keunggulan mobil juga dapat langsung Anda bawa sendiri dan menentukan tempat-tempat mana saja yang akan dikunjungi, tanpa harus menunggu transportasi umum datang di halte, terminal, bandara, atau stasiun. Namun jika Anda ingin merasakan perjalanan yang nyaman dan santai Anda bisa sewa mobil dengan driver. Untuk rekomendasi hal tersebut Anda bisa menggunakan jasa layanan sewa mobil dari Orange Rent Car.

Mengingat saat ini pandemi virus corona belum juga hilang, ketika Anda berpergian pastikan protokol kesehatan tetap diterapkan seperti yang selama ini dijalani. Berikut ini beberapa tips atau rekomendasi melakukan perjalanan dengan aman saat pandemi untuk menurunkan risiko penularan virus corona.

Jika risiko tersebut tetap tidak mengurungkan niat untuk bepergian selama pandemi, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan demi menurunkan risiko penularan virus corona selama berlibur. Dikutip dari klikdokter berikut langkah-langkah yang dimaksud, yaitu:

Sebelum Bepergian

Beberapa perlengkapan yang wajib Anda bawa antara lain:
• Masker (bawa cadangan yang cukup).
• Hand sanitizer.
• Disinfektan untuk menyemprot benda-benda di sekitar Anda.
• Obat-obatan pribadi.
• Makanan dan minuman kemasan.

Saat Bepergian

• Selalu pakai masker dengan benar. Buka masker hanya saat makan dan minum. Dengan memakai masker, Anda melindungi diri sendiri, kerabat, dan orang-orang lainnya.
• Pilih lokasi yang sirkulasi udaranya baik dan menerapkan protokol kesehatan.
• Jaga jarak minimal dua meter dengan orang lain.
• Hindari menyentuh wajah, terutama bagian mata, hidung, dan mulut apabila belum mencuci tangan.
• Rutin cuci tangan dengan air mengalir dan sabun. Bila tidak ada, gunakan hand sanitizer.
• Kalau sedang tidak enak badan, sebaiknya tidak memaksakan diri untuk keluar penginapan.

Setelah Bepergian

• Wajib mengenakan masker selama perjalanan pulang.
• Hindari berdekatan dengan orang lain, tetap jaga jarak minimal dua meter.
• Sebelum berkontak dengan orang rumah, pastikan sudah membersihkan diri dan berganti pakaian terlebih dahulu.
• Bila memungkinkan dan takut ada risiko menulari orang rumah, Anda bisa lakukan tes swab.
• Perhatikan kondisi tubuh Anda dan anggota keluarga selama dua minggu ke depan. Jika mendadak ada gejala, maka segera ke rumah sakit untuk tes COVID-19.

Hal-hal lain yang mesti diperhatikan sebelum pergi ke luar kota yaitu:

• Bila habis dari daerah zona merah, hindari berkunjung apalagi menginap di rumah kerabat (terutama kerabat lansia).
• Cari tahu tiap lokasi berlibur yang dituju. Lebih baik hindari area yang terlampau ramai dan tidak mementingkan protokol kesehatan.
• Ketahui rumah sakit atau klinik yang bisa didatangi dalam keadaan darurat.

Itu dia tips dan pertimbangan ketika bepergian untuk mencegah penularan virus corona. Enjoy perjalanan dengan terapkan 5M protokol kesehatan adalah sebagai pelengkap aksi 3M yaitu:

Memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, serta Membatasi mobilisasi dan interaksi.

Jika Anda ingin sewa Mobil di Cirebon harian, mingguan, bulanan, dan tahunan bisa  hubungi Costumer Services kami :

Call : (0231) 830 3653
WhatsApp : 0823 1668 6668

Email : sewamobilcirebon@gmail.com

Follow Us 

Instagram : @orangerentcar 

Facebook : Orange Rent Car

Leave a Reply