Tips Berkendara Saat Bulan Puasa

Tips Berkendara Saat Bulan Puasa

Tips Berkendara Saat Bulan Puasa – Walaupun bulan suci ramadhan telah tiba, hal ini tidak dijadikan alasan untuk bermalas-malasan untuk melakukan aktivitas karena terkadang puasa kerap dijadikan alasan untuk mengurangi aktivitas salah satunya adalah berkendara. Berkendara saat berpuasa bagi sebagian orang akan mempengaruhi fokus saat mengemudi. Dua hal yang ditakutkan adalah tidak fokus atau kurang konsentrasi dan ngantuk. Ketika berpuasa tubuh akan mengalami banyak perubahan seperti gula darah yang menurun mengakibatkan badan terasa lelah, dehidrasi.

Sebenarnya tidak ada yang harus dikhawatirkan ketika mengendarai mobil saat puasa, asalkan kondisi tubuh tetap terjaga. Selain itu ada beberapa hal lainnya yang menjaga Anda fokus berkendara di bulan ramadhan, berikut tips berkendara saat bulan puasa dan penjelasannya!

1. Perhatikanlah Pola Konsumsi Makanan Saat Sahur

Tips Berkendara Saat Bulan Puasa

Pada saat sahur pola konsumsi makanan perlu diperhatikan, makanan yang banyak mengandung protein dan vitamin sangat direkomendasikan dan jika Anda mengomsumsi karbohidrat yang berlebih akan menyebabkan kantuk pada siang harinya. Apalagi jika Anda ingin melakukan perjalanan panjang bisa dipersiapkan dengan memilih asupan makanan yang bernutrisi tinggi seperti sayur mayur dan buah-buahan.

2. Istirahat Cukup

istirahat cukup - Tips Berkendara Saat Bulan Puasa

Banyak orang yang merasakan kantuk yang luar biasa saat di bulan puasa. Jika Anda merasa sangat lelah dan mengantuk, lebih baik Anda memilih transportasi umum ataupun Anda bisa sewa mobil paket dengan driver. Jangan korbankan keselamatan Anda dan keluarga dengan memaksakan diri. Pastikan waktu tidur yang cukup, yaitu delapan jam dalam satu hari dan kurangi aktivitas tidak perlu yang menguras tenaga.

Baca Juga : Sewa Mobil Alphard Cirebon

3. Mencoba Selalu Berpikir Positif

Mencoba Selalu Berpikir Positif

Kondisi lalu lintas saat sore hari memang sangat padat karena bertepatan dengan jam pulang kerja juga maka tak heran jika disore hari jalanan begitu macet. Banyak orang yang mengejar waktu agar bisa berbuka puasa di rumah bersama keluarga, terkadang kondisi seperti ini yang mudah memancing emosi. Bersabar dan redamlah emosi, ingatlah ini bulan yang penuh berkah.

4. Sadari Batasan Fisik saat Berkendara

Sadari Batasan Fisik saat Berkendara

Pada saat berkendara dan sedang berpuasa, penting untuk perhatikan antara jarak tempuh, waktu tempuh, dan ketahanan tubuh. Lakukan sedikit senam peregangan otot untuk melancarkan aliran darah dalam tubuh dan hirup oksigen yang banyak. Bila kamu sudah merasa lebih baik, kamu bisa melanjutkan kembali berkendara. Jangan sampai memaksakan padahal fisik sudah merasa sangat lelah.

5. Jaga Kecepatan Berkendara

Jaga Kecepatan Berkendara

Kondisi fisik pada saat menjalankan puasa tidak sebugar pada waktu tidak berpuasa. Biasanya rasa kantuk lebih mudah datang dan kemampuan spasial atau membaca jarak dan kecepatan menjadi tidak maksimal. Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan sebaiknya berkendaralah dengan batas kecepatan.

6. Periksa Kondisi Mobil

Periksa Kondisi Mobil

Ini menjadi salah satu bagian terpenting pada saat ingin berkendara. Ada baiknya sebelum mengendarai mobil Anda cek terlebih dahulu kondisi mobilnya untuk meminimalisir terjadi hal yang tidak diinginkan, seperti ban kempes, mogok atau mesin overhead tentu bisa membuat repot di jalan.

7. Mendengarkan Musik saat Berkendara

Mendengarkan Musik saat Berkendara

Ketika Anda menggunakan mobil sebagai alat transportasi dan berada didalam perjalanan agar tidak membuat Anda mengantuk dan meras bosan, Anda bisa mendengarkan musik/radio sebagai solusinya.

Baca Juga : Yuk Berwisata Di Majalengka

Semoga tips berkendara saat bulan puasa di Atas dapat membantu Anda tetap sehat dalam berkendara saat sedang berpuasa.

Informasi :

Call : (0231) 830 3653

WhatsApp : 0823 1668 6668

Email : sewamobilcirebon@gmail.com

Follow US 

 

Leave a Reply